Langsung ke konten utama

Hubungan pangan dan struktur sosial


HASIL LAPORAN OBSERVASI PERUBAHAN SOSIAL

Tulisan ini Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan yang mencakup perubahan sosial dari zaman dahulu dan zaman modern. Hasil observasi ini di lakukan di daerah Sidowayah kecamatan pancur kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hasil observasi ini mencakup perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang, fashion zaman dahulu dan sekarang, peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang. Di daerah Sumberagung sangat sulit menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sangat sulit sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dan setiap orang mengambil potret juga beda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.Berikut ini perubahan yang ter jadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.

#Arsitektur Rumah zaman dahulu dan 
zaman modern.

RUMAH ZAMAN DAHULU

Rumah zaman dahulu rata rata terbuat dari kayu / bambu, tapi pada zaman sekarang jarang menemukan rumah yang terbuat dari bambu, kami menelusuri desa Sidowayah dan rata rata rumah penduduk nya sudah terbuat dari tembok. 

•Berikut merupakan contoh rumah limasan zaman dahulu

(Di potret oleh Cindy wulan sari .19 September 2023.). Rumah Limas diatas milik Bapak Suyono yang beralamat di Desa. Sidowayah rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.) 

Ciri khas dari rumah  limasan sendiri adalah bagian atapnya yang seakan berbentuk bangun ruang limas. Di bagian atas, terdapat atap yang terdiri atas empat sisi dengan bentuk trapesium dan segitiga sama kaki. Tidak berhenti di situ, atas rumah limasan rata-rata memiliki “emperan” yang menjadi batas antara bagian utama rumah dan teras di bagian bawahnya dan rumah Limas mempunyai tata ruang yang sangat bagus misalnya rumah Limas memiliki tempat keluarga yang sangat luas sehingga rumah Limas maupun rumah zaman dahulu sering digunakan untuk kumpul bersama keluarga besar. Rumah Limas terbuat dari kayu jati,sehingga rumah zaman dahulu kalu di jual di zaman sekarang nilai jualnya menjadi tinggi karena memang rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah Limas memang mempunyai banyak filosofis yang mendalam, terdiri dari lima tingkat dengan makna dan fungsi yang berbeda-beda. Lima tingkatan ruangan diatur menggunakan filosofi Kekijing, dimana setiap ruangannya diatur berdasarkan penghuninya, yaitu usia, jenis kelamin, bakat, pangkat, serta martabat.

*Rumah zaman modern
Di desa desa maupun di kota kota sekarang sudah banyak rumah yang bergaya modern, rumah modern yang terbuat dari tembok dan semen, alasan orang-orang zaman sekarang memilih rumah memkai tembok dari pada kayu/ bambu karena rumah tembok lebih awet dan tahan terhadap hujan maupun panas. 

•Berikut contoh rumah zaman modern


(Di potret oleh Ayuni zamrotul fuad .19 September 2023.). Rumah Limas diatas milik Bapak Darsono yang beralamat di Desa. Sidowayah rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.) 

#Prabotan Rumah Tangga Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang.

 Kompor zaman dahulu menggunakan tanah liat / batu bata yang di susun, atau yang di sebut dengan pawon (dalam bahasa jawa) pawon yang apinya dari kayu kering bisa daun daun atau ranting-ranting pohon. 

•Berikut contoh pawon

(Di potret oleh Ayuni zamrotul fuad .19 September 2023.). Rumah Limas diatas milik ibuk Sri yang beralamat di Desa. Sidowayah rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.) 


Kompor zaman modern sekarang menjadi lebih ringkas dan bersih, tidak menggunakan kayu lagi sumber apinya melainkan menggunakan gas, kompor tidka mengeluarkan asap seperti pawon. 

•Berikut contoh kompor modern

(Di potret oleh ananda nur baiti.19 September 2023.). Rumah Limas diatas milik ibu Sri yang beralamat di Desa. Sidowayah rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.) 

Berikut hasil observasi kelompok kami, Terimakasih. 

Nama kelompok:
1. Ayuni zamrotul f (7) 
2. Ananda nur baiti(5) 
3. Cindy wulansari (9) 
4. Ulil albab (33) 
5. Aditya ilham (1) 




Postingan populer dari blog ini

Learning tour dasun

PUNCAK BUKIT CENDANA